Apa Itu Al-qur’an?

Definisi Umum Al-Qur’an

Secara etimologi (bahasa) Al-Qur’an adalah bacaan atau sesuatu yang dibaca secara berulang. Sedangkan secara terminologi (istilah) “Al-Qur’an” adalah firman Allah Subhanahu wata’ala  yang diturunkan hanya kepada Nabi Muhammad Shallahu’alaihi wassalam sebagai sebuah mukjizat untuk kemudian disampaikan dengan jalan mutawattir dengan perantaraan malaikat Jibril. Sedangkan menurut syariat Islam, membaca Al-Qur’’an dinilai sebagai salah satu ibadah kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

Fungsi Al-Qur’an

Keberadaan Al-Qur’’an sebagai mukjizat kepada Nabi Muhammad Shallahu’alaihi wassalam sekaligus sebagai firman Allah Subhanahu wata’ala tentunya mempunyai beberapa fungsi. Beberapa fungsi dari Al-Qur’’an tersebut adalah:

1. Petunjuk Bagi Manusia

Allah subhanahu wata’ala berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil
(QS. Al-Baqoroh 2:185).

قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاء

Katakanlah: “Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin
(QS. Al-Baqoroh 2:185).

2. Pondasi Pokok Ajaran Islam

Al-Qur’an merupakan pondasi pokok ajaran Agama Islam karena didalamnya mencakup berbagai perintah dan larangan allah serta asas dalam menjalani kehidupan sehatri-hari.

3. Pelajaran dan Peringatan Bagi Manusia

Didalam Al-Qur’’an pun banyak diterangkan mengenai kisah-kisah para Nabi dan Umat terdahulu baik itu umat yang melaksanakan perintah Allah Subhanahu wata’ala maupun umat yang menentang atau bahkan mengingkari perintah allah yang diturunkan melalui Nabi terdahulu. Kisah tersebut diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi kita agar kita dapat mengambil hikmah dari berbagai kisah yang temaktub (tertulis) dalam Al-qur’’an.

4. Mukjizat Nabi Muhammad Shallahu’alahi Wassaalam

 Al-Qur’’an adalah merupakan salah satu mukjizat terbesar Nabi Muhammad Shallahu’alaihi Wassalam yang allah berikan sebagai pedoman hidup setiap umat Muslim dan sebagai pembenar serta penyempurna dari kitab-kitab Allah Subhanahu wata’ala yang telah diturunkan sebelumnya, bahkan Al-qur’’an juga mempunyai nilai abadi karena selamanya tidak dapat diubah.